Sabtu, 09 November 2013

Artikel Perekonomian Indonesia 2



Artikel Perekonomian Indonesia 2

A.      Paragraf  Induktif adalah proses penalaran yang bertolak dari peristiwa yang sifatnya khusus menuju pertanyaan umum.
Ciri-ciri paragraph induktif:


1.      Letak kalimat utama  di akhir
  1. paragraph diawali dari penjelasan khusus kemudian diakhiri dengan penjelasan umum.
Berikut contoh artikel dibawah ini :

Regulasi Pemerintah Sulit Kendalikan Asing



Perangkat regulasi akan mereka kendalikan. Misalnya undang–undang migas yang penyusunannya dibiaya Bank Dunia,’’kata Revrisond Baswir,Kepala Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Jumat (8/11).

            Revrisond ,mengatakan bahwa langkah membuka akses investasi asing secara lebar, merupakan bentuk kepanikan pemerintah. Terutama berangkat dari situasi ekonomi domestik yang sempat bergejolak ditandai dengan melemahnya rupiah dan merosotnya cadangan devisa.Revisi DNI adalah solusi instan yang tidak benar-benar dipikir secara serius tentang bagaimana dampaknya terhadap perkembangan ekonomi nasional dalam jangka panjang.

            Pemerintah berencana membuka lima sektor untuk investor asing, seperti bandar udara,pelabuhan dan terminal.Sektor perbankan sudah terbuka bagi asing hingga 99 persen sejak tahun 1999. Agus Martowardojo mengatakan,bahwa langkah itu harus fokus pada memperbaiki transaksi berjalan, mendorong ekspor,dan mengendalikan impor,terutama memperbaiki neraca jasa dan pendapatan.

            Menteri Keuangan M Chatib Basri ,menegaskan DNI harus melindungi sektor srategis.Persoalannya adalah regulasi sektoral sebagaimana terjadi selama ini justru diarahkan pihak asing.Sementara penegakan hukum masih lemah.DNI mengatur kepemilikan modal asing.Regulasi peraturan menteri berkaitan dengan kebijakan pelonggaran daftar negatif investasi bagi investor asing diyakini akan sulit bisa menjaga kepentingan nasional


B.      Paragraf Deduktif adalah paragraph yang bertolak dari peristiwa-peristiwa yang sifatnya umum menuju khusus.
Ciri-ciri paragraph deduktif :
  1. Letak kalimat utamanya diawal paragraph
  2. Diawali dengan pernyataan umum disusun dengan uraian atau penjelasan khusus.
Berikut contoh artikel dibawah ini :

Perlu Penyediaan lahan Berkelanjutan

 Pengembangan bahan bakar nabati masih menghadapi kendala keterbatasan ketersediaan lahan untuk pengembangan tanaman penghasil BBN. Pemerintah perlu mendorong penyediaan lahan –lahan baru dengan memanfaatkan lahan –lahan kurang produktif termasuk lahan bekas demi menjamin ketersediaan BBN secara berkelanjutan.Hasil sidang dewan Energi Nasional ke-II,dikantor kementerian pertanuan, Jumat (8/11).

            Jero Wacik menyatakan,pemerintah menargetkan pemanfaatan bahan bakar nabati
 ( BBN ) tahun ini mencapai 3,9 jutan kiloliter melalui implementasi aturan pemerintah yang mewajibkan pencampuran biodiesel 10 persen dalam bahan bakar solar.diharapkan bisa mengurangi volume impor bahan bakar minyak senilai 3 miliar dollar AS.

            Suswono menjelaskan, agar pemerintah memprogramkan penyediaan lahan baru dan tanaman baru untuk memenuhi petumbuhan kebutuhan BBN jangka panjang. Badan Pertahanan Nasional mendata,lahan potensial untuk pengembangan Tanaman penghasil BBN mencapai 4,8 juta hektar. Dalam menjamin keberlangsungan pemanfaatan BBN,maka perlu perbaikan kebijakan harga,percepatan pembangunan infrastruktur pencampuran dan transportasi,serta penerapan kewajiban dan menjamin mutu BBN untuk konsumen.

            Jika mandatori 10 persen dilaksanakan,maka akan menyerap produksi minyak sawit (CPO) 30 persen dari total volume ekspor CPO, Ekspor CPO 18 juta ton pertahun.


Sumber :
Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar